Jasa Penerjemah Dokumen

 Jasa penerjemah dokumen PT SUMBER RAHAYU JAYAJasa Penerjemah Dokumen

Sahabat SRJ, sebelum kita membahas penerjemahan dokumen, kita harus tahu apa itu dokumen dan fungsinya.

Dokumen adalah surat penting atau berharga yang sifatnya tertulis atau tercetak yang berfungsi atau dapat di pakai sebagai bukti ataupun keterangan.

Ada 3 jenis dokumen yang harus di pahami dan di diketahui :

Jenis dokumen dari segi pemakaiannya
1. Dokumen pribadi

Dokumen pribadi yaitu surat keterangan penting yang kegunaannya untuk kepentingan pribadi contohnya adalah KTP, Ijazah, Akte Kelahiran, Surat Nikah dll.

2. Dokumen Niaga

Dokumen niaga yaitu surat berharga yang kegunaannya adalah untuk bukti dalam melakukan transaksi contohnya adalah Surat Pengantar, Faktur dll, Ressi pengiriman barang dll.

3. Dokumen Pemerintah

Dokumen pemerintah yaitu surar-surat penting yang di gunakan dalam instansi pemerintahan contohnya adalah Undang-undang, RAPBN dll.

4. Dokumen sejarah

Dokumen sejarah yaitu surat-surat penting yang digunakan sebagai bukti peristiwa di masa lampau contohnya adalah Pancasila, teks proklamasi dll.

Jenis jenis dokumen dari segi fungsinya :

  • Dokumen dinamis adalah dokumen yang digunakan secara langsung di dalam proses kerja.
  • Dokumen statis adalah kebalikan dari dokumen dinamis yaitu dokumen yang tidak digunakan secara langsung dalam proses pekerjaan.

Jenis jeni dokumen dari segi ruang lingkupnya:

  1. Dokumen korporal adalah dokumen yang di pakai secara terus-menerus dalam proses penyelenggaraan pekerjaan
  2. Dokumen Riteral adalah dokumen yang di tulis, di rekan, dicetak dan di gambarkan.
  3. Dokumen Privat adalah dokumen yang berupa surat ataupun arsip.

setelah mengerti arti dokumen dan fingsinya, kita akan membahasa dokumen untuk diterjemahkan.

Jasa Penerjemah Dokumen Kemenkumham

Dokumen dinyatakan keabsahannya. Sedang dokumen terjemahan dinyatakan kebenarannya. Bahwa terjemahan tersebut sesuai dengan aslinya. Dokumen sudah harus diterjemahkan lebih dahulu, sebelum ke tahap selanjutanya. Jika hasil terjemahan sudah diverifikasi dan diterjemahkan oleh penerjemah resmi atau tersumpah maka pihak Kemenkumham akan langsung menerima dokumen tersebut. Namun jika dokumen telah diterjemahkan oleh penerjemah non-tersumpah maka dokumen akan dikembalikan kepada pemohon dan diminta untuk menerjemah ulang oleh penerjemah tersumpah. Sebelum di bawa ke kemenkumham harus ada pengantar dari pejabat yang menantangani dokumen tersebut atau bilam sudah pension maka boleh juga pejabat yang mewakilinya. Pada surat pengantar tersebut harus mencantumkan nama, pekerjaan, jabatan dan alamat yang jelas. Dan tanda tangan yang jelas, karena contoh tanda tangannya akan di rekam oleh pihak kemenkumham sebagai acuan jika ada permohonan legalisasi lagi dari lembaga yang sama.

Persyaratan permohonan legalitas di Kemenkumham adalah :
1. Dokumen asli
2. Dokumen Terjemahan
3. Permohonan Legalisasi
4. Surat Kuasa ber Materei
5. Membuat specimen tanda tangan pejabat penanda tangan dokumen tersebut

Jasa Penerjemah Dokumen Kemenlu

Untuk menyatakan keabsahan dokumen dan terjemahannya. Sebelum dibawa ke Kemenlu dokumen harus di legalisir dulu oleh pihak Kemenkumham. Tahap ini adalah pemeriksaan ke 2. Bagi dokumen yang aspal (asli tapi palsu) biasanya agak susah untuk diterima. Karena disana arsip Negara akan di crosscheck dengan dokumen pemohon. Terjemahan juga akan periksa kembali apakah dokumen tersebut dikerjakan oleh penerjemah tersumpah (sworn translation) atan bukan. Jika tidak, maka dokumen akan dikembalikan ke kemenkumham dan diminta untuk diperiksa kembali. contoh tanda tangan pejabat yang menerbitkan dokumen tersebut juga akan direkam kembali untuk kepentingan selanjutnya.

Persyaratan Permohonan Legalitas Kemenlu:
1. Mengajukan permohonan legalisasi disertai alasan penggunaan surat/dokumen tersebut di luar negeri.
2. Terjemahan surat/dokumen oleh penterjemah resmi ke dalam bahasa dan negara yang akan dituju.
3. Foto kopi surat/dokumen yang sudah dilegalisasi oleh Departemen Kehakiman dan HAM.
4. Materai Rp. 6000 untuk setiap surat/dokumen.

Biaya Legalitas
1. Biaya Legalisasi Dep. Hukum dan HAM + Dep. Luar Negeri RI (Rupiah) Cepat (3 hari kerja) Rp. 500.000 per dokumen Reguler (7 hari kerja) Rp. 300.000 per dokumen(Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu)
2. Biaya & Waktu Legalitas Kedutaan Besar Tergantung kedutaan yang akan dituju
3. Biaya Legalisasi Notaris (Rupiah) Biaya Rp. 150.000/dokumen Waktu 1 hari kerja (Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu)

Catatan : Untuk dokumen berbahasa Mandarin harus di legalisir oleh notaris dulu sebelum diterjemahkan untuk kemudian dibawa ke Kemenkumham
1. Dokumen Asli sudah dilegalisir oleh Kemenkumham
2. Dokumen Terjemahan sudah dilegalisir oleh Kemenkumham
3. Dokumen Asli dan Terjemahan tetap dilampirkan
4. Membuat specimen pejabat penadatangan dokumen tersebut

Umumnya legalitas kedutaan harus melalui Kemenkumham dan Kemenlu. Karena atas dasar legalisasi kedua lembaga tersebut pihak Kedutaan asing akan menganggap bahwa dokumen tersebut absah dan telah diterbitkan oleh lembaga resmi.
Adapun tarif jasa legalisasi dokumen masing masing Kedutaan tidak sama. Masing masing menerapkan mekanisme dan tata tertib sendiri. Untuk itu, biaya juga tidak sama.

Terima kasih atas kepercayaan anda memilih jasa layanan kami untuk meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan dll. Segala bentuk masukan untuk meningkatkan layanan kami, selalu kami perlukan. Kami menyadari bahwa kami ada dan berkembang karena kepercayaan anda.

Contact Us

Posted on Mei 31, 2016 in Uncategorized

Share the Story

About the Author

Responses (2)

  1. Benjamin Pratomo
    Februari 16, 2017 at 2:14 pm · Balas

    Mohon infonya untuk spesifikasi translate untuk website.
    Thank you

    • admin
      Februari 18, 2017 at 12:46 pm · Balas

      sudah kami kirim daftar harga penawaranya bapak?
      terima kasih.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top