Asal Mula Penerjemah Bahasa Inggris

Jasa Penerjemah Bahasa Inggris PT SUMBER RAHAYU JAYA JAKARTA

Awal Mula Jasa Penerjemah Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mengidentifikasi keluarga-keluarga bahasa ini dengan cara mempelajari bahasa modern untuk mencari bunyi kata serupa yang seringkali menjelaskan hal serupa pula, seperti water dan wasser [bahasa Jerman]. Kata-kata homofon mewakili warisan bahasa.

Menurut database etnologi, Ethnologue, ada lebih dari 100 keluarga bahasa.

Kerajaan Anglo-Saxon

Pernah dengar tentang kerajaan Anglo-Saxon? Wah kalau belum pernah dengar admin kasih tahu deh. Buat yang sudah pernah dengar yuk disimak lagi sejarahnya. Pada awalnya bahasa Inggris kuno itu aslinya adalah sekumpulan dialek-dialek yang mencerminkan asal usul kerajaan Anglo-Saxon di Inggris.

Lalu ada dialek Saxon Barat yang begitu mendominasi yang dipengaruhi oleh dua gelombang invasi apda masa itu yakni:

  1. Invasi pertama yang berasal dari para penutur bahasa dari cabang Skandinavia yang merupakan keluarga bahasa Jerman. Pada abad ke 8 dan ke 9 mereka menaklukkan dan menghuni beberapa bagian di Britania.
  2. Invasi kedua yang berasal dari suku yang bertuturkan dialek bahasa Perancis pada abada ke-11.

Kedua invasi inilah yang menjadikan bahasa Inggris memiliki banyak kata serapan dari bahasa Jerman dan Perancis. Meskipun tidak pernah menjadi bahasa campuran loh secara harfiahnya. Sehingga kelompok invasi anggota suku bangsa Skandinavia dan suku Norman menciptakan simplikasi tata bahasa baru yang kita kenal sekarang sebagai bahasa Inggris.

Bahasa Inggris Purba ( Proto)

Bahasa Inggris Purba atau sering juga disebut bahasa Inggris Proto berasal dari suku bangsa Jermanik yakni Saxon, Anglia, Frisia, Jute, dan juga Frank yang pada masa itu berdagang dan berperang di wilayang Eropa dengan rakyat Kekaisaran Romawi yang menuturkan bahasa Latin saat invasi ke Eropa bagian timur.

Oleh karena itu banyak sekali bahasa latin yang terserap juga di bahasa Inggris, dan diantaranya sebagai berikut:

Camp (kamp), Dragon (naga), Cheese (Keju), Fork (garpu), giant (raksasa), inch (inci), pillow (bantal), pound (pon), soap (sabun), dll.

Menyebar dari Turki

Keluarga Indo Eropa adalah salah satu keluarga terbesar, lebih dari 400 bahasa diucapkan di lebih dari 60 negara dan asal-muasal mereka tidak jelas.

Steppes atau Kurgan, para ahli teori yang menyatakan bahwa bahasa proto berasal dari Steppes di Rusia, di utara Laut Kaspia, sekitar 5.000 tahun silam.

Sedangkan hipotesis Anatolia yang pertama kali dikemukakan di akhir 1980-an oleh Prof. Colin Renfrew [kini Lord Renfrew] menyatakan bahwa bahasa itu berasal dari wilayah Anatolia di Turki, 3.000 tahun silam.

Untuk menentukan teori mana yang paling mungkin, Dr. Quentin Atkinson dari Universitas Auckland dan timnya menginterogasi evolusi bahasa menggunakan analisis phylogenetic.

Hasil analisis dan tes adalah bahasa-bahasa Indo Eropa modern berasal dari Anatolia.

Mengomentari hal itu, Prof. Mark Pagel dari University of Reading, Inggris, yang terlibat dalam riset itu mengatakan, “Ini adalah aplikasi super dari metode evolusi biologi untuk memahami masalah dalam evolusi budaya, yaitu asal dan penyebaran bahasa-bahasa Indo Eropa.”

“Temuan ini juga menyimpulkan bahwa bahasa-bahasa Indo Eropa berumur sedikitnya 8.000 hingga 9.500 tahun dan seperti yang sudah lama dispekulasikan, berasal dari kawasan Anatolia yang sekarang dikenal dengan Turki dan menyebar dari sana.”

Posted on Januari 30, 2017 in Uncategorized

Share the Story

About the Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top